Tuesday, September 10, 2019

Strategi Penjual Online Menghadapi Lonjakan Pesanan Pada Harbolnas


Tak bisa dipungkiri, bahwa dunia yang kita sebut “zaman now” ini sangat cepat berkembang. Untuk mendapatkan sesuatu, tak perlu mesti keluar rumah, menghabiskan banyak waktu, biaya. Namun, di zaman teknologi ini kita di mudahkan untuk melakukan banyak hal. Salah satunya adalah berjualan.
            Saya jadi ingat, dulu sebelum merantau kegiatan saya sehari-hari adalah menjaga kios yang menjual pernak- pernik, cenderamata. Kios plus rumah ini sudah dijalankan oleh keluarga kami selama puluhan tahun. Setiap hari saya saya harus duduk menjaga kios, tak urung juga melayani pembeli yang membludak, kadang yang bikin malas adalah pembeli yang “plin plan”.
Saya sangat menjunjung istilah tamu adalah raja”. Namun, banyak saya jumpai calon pembeli yang sudah coba ini-itu barang, sudah tawar, fixed harga, namun entah alasan apa sudah nggak jadi belinya.
Bahkan yang paling miris, saya sudah pernah membungkus barang disebuah plastic namun ditolak oleh calon pembeli dengan alasan yang sangat logis. Nah, dari sini saya ingin sekali mengembangkan kios kecil ini menjadi sebuah kios bisnis. Yang bisa menjual barang banyak tanpa harus merayu calon pembeli yang (belum) tentu mau membeli barang. You know, itu hal yang sangat membosankan.
Tetapi di era sekarang ini, berjualan tak perlu punya kios, lapak atau apapun itu. Banyak orang yang bekerja tukang jualan namun tak memiliki lapak. Loh, kok bisa. Bisa dong, mereka lebih memilih berjualan online. Dengan hanya memanfaatkan media hand phone plus paket internet dan barang dagangan tentunya, mereka bisa memasarkan produk dagangannya di internet.
Salah satu website yang menyediakan jasa untuk jual beli online adalah Blibli.com.


HISTERIA JERAT DISKON LAGI
Sumber

Blibli.com adalah salah satu e-commerce yang menyediakan jasa jual beli online. Blibli selalu memiliki cara unik untuk menjaring banyak pelanggang di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah menetapkan Harbolnas, apa itu Harbolnas?
Harbolnas adalah Hari Besar Belanja Online yang diadakan tanggal 10 Desember 2019 nanti loh, banyangkan saja diskonnya bisa mencapai  80 %, udah gitu gratis ongkir lho. Hmmm, kayaknya  saya harus pecah celengan dulu deh buat nikmatin Harbolnas ini. 

Hasil gambar untuk belanja online di blibli
Sumber
Nah, buat para penjual online, tentunya hari ini adalah hari yang sangat dinanti-nantikan. Karna hari ini tentunya sangat special. Kamu bisa kebanjiran orderan dan meraih banyak untung. Wow, double lucky.
Berikut tata cara  untuk mendaftar sebagai penjual hanya di Blibli
Nah, untuk mendaftar sangatlah mudah.

        1.   Buka Toko
Jika sudah punya produk yang ingin di jual, kamu nggak usah ragu lagi. Usahakan kamu memilih produk yang digemari oleh masyarakat Indonesia dan harganya yang relative stabil masuk akal. Udah langsung aja buka toko. Hanya dibutuhkan email dan document pribadi lainnya seperti KTP dan NPWP untuk perseorangan. Setelah di verifikasi, maka blibli akan mengirimkan OTP sebagai proses aktivasi toko. Kode OTP digunakan tanda bahwa merchant partner menyetujui PKS (Perjanjian Kerjasama). Setelah mengaktifkan kode OTP, toko aktif dan dapat segera mulai berjualan. yeayyy

       2.   Upload produk
Setelah di verifikasi, maka anda bisa langsung jualan. Jangan lupa untuk meng- upload photo terbaik. Usahakan photo jangan blur dan pastinya memiliki kualitas tinggi. Dan yang paling penting, photo yang di upload harus sama dengan barang aslinya ya. Jangan lupa untuk mencantumkan keterangan gambar. Pokoknya buatlah se kreatif mungkin untuk mengundang calon pembeli tertarik membeli produk kami. Ingat siapkan segalanya sebelum Harbolnas Blibli.com

      3.   Respon pesanan
Setelah photo di upload maka akan dilihat ribuan orang dan siap-siap untuk mengaktifkan hand phone ya. Pesanan akan di terima melalui email maupun SMS. Kalau bisa di Harbolnas Blibli.com nanti, kasih respon secepatnya. Kalau ada chat langsung dibalas. Itu artinya kamu menghargai calon pembeli. Kemudian kamu juga bisa memberi tahu pembeli untuk memberikan rating ke lapak kamu. Mudah kan

      4.   Terima Pembayaran
Jika barang yang sudah di kirim telah diterima oleh si pembeli, maka kamu langsung bisa menerima pembayaran setiap seminggu sekali via rekening yang sudah disepakati.
             
Kalau bisa kirim barang secepatnya, kamu bisa minta tolong kakak, adik, bahkan tetangga, jangan (sampe) mantan aja untuk membungkus barang di Harbolnas Blibli.com.
Nah, di bawah ini merupakan beberapa strategi yang wajib dimiliki oleh penjual online untuk meghasilkan beberapa keuntungan pada Harbolnas. Yuk, simak dibawah ini.

      1.   Stok barang
Niat jualan yang menggebu-gebu sudah pasti punya. Nah, mulai sekarang siapkan stok barang agar nantinya tidak kelabakan menghadapi pesanan dari pelanggan. Nggak lucu kan, kalau pas Hari H, stok barang yang diminta habis. Usahakan untuk melengkapi beragam ukuran, macam, dan warna .

      2.   Tingkatkan jaringan internet
Siapkan media penjualan seperti hand phone, laptop dan terlebih paket internet yang cepat. Usahakan media yang fast respond karna factor ini akan mendukung interaksi antara penjual dan pembeli.

      3.   Fast Respond
Namanya juga jualan pasti ada aja calon pembeli yang sekedar bertanya, layanilah chat mereka dengan baik dan fast respond tentunya. Selain chat, jangan lupa   mengatakan kepada pembeli untuk memberikan rating kepada lapak anda.
Jika ada complain dari pelanggan, seperti kerusakan barang,berikan solusi dan layanilah pengembalian barang dengan baik berdasarkan peraturan yang berlaku.
Selain itu, kamu juga bisa membuat customer service, supaya semakin mudahnya melayani para calon pembeli.

Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) 2019 menjadi momen yang paling tepat untuk membelanjakan uang yang telah Anda kumpulkan.Mengapa? Karena melalui promo Harbolnas dan diskon Harbolnas yang tersedia di Blibli.com, Anda dapat berbelanja lebih untung. Di mana, tersedia banyak promo menarik yang dapat Anda peroleh. Seperti diskon besar-besaran, produk flashsale, ekstra diskon, hingga reward menarik. Mau?
 
                                                             ***
                       Tulisan ini di ikutsertakan dalam Blog Kompetisi


No comments:

Post a Comment