Sabtu, 15 Oktober 2016

Badan Sehat, Kerjaan Makin Lancar : Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Sumber

Menulis adalah salah satu hobby saya. Bukan hanya sekedar hobby, tetapi saat ini, menulis sudah menjadi pekerjaan saya yang sedang saya tekuni. Hampir setiap hari saya menulis. Menulis tidaklah sesulit yang orang bayangkan. Dengan menulis saya bisa menuangkan isi pikiran saya. Menulis tentunya dibarengi dengan tubuh dan pikiran yang sehat. Dengan tubuh dan pikiran yang sehat saya bisa menghasilkan tulisan dengan baik daan berkualitas. Makanya saya selalu berusaha menjaga kesehatan tubuh dan pikiran saya selalu.
Kesehatan adalah salah satu hal yang paling terpenting dalam hidup. Dengan tubuh sehat saya bisa melakukan apa saja. Melakukan pekerjaan, bertemu dengan orang yang saya kasihi sampai bermain dan mencurahkan kasih sayang dengan orang yang terkasih. Makanya, saya berupaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Saya paling tidak suka dengan sakit. Dan saya pastikan tidak ada satu orangpun diluar sana yang ingin terserang oleh penyakit baik penyakit ringan maupun penyakit mematikan.
Cerita sakit
Dulu, saya pernah menderita demam tinggi selama satu minggu, alhasil saya tidak bisa duduk bahkan berdiri. Saya merasa pusing dan panas. Saya menjadi tidak selera dengan makanan dan terkadang saya merasa bosan karna harus tiduran. Selama satu minggu saya menghabiskan hari-hari dengan tempat tidur. Saya tidak bersekolah dan ketinggalan pelajaran. Saya juga tidak bisa melakukan hobby saya, menulis cerita. Saya juga harus rutin minum obat yang menurut saya sangat memuakkan. Ditambah saya tidak bisa belajar dan bermain dengan teman. Saya betul-betul kehilangan harapan hidup pada waktu itu. Semuanya karna kesehatan saya yang tidak kunjung membaik.
Saya bertekad untuk sembuh, karna sakit itu sangat menjengkelkan. Saya rutin minum obat dan teratur makan. Alhasil, setiap usaha membuahkan hasil. Kesehatan saya pun pulih. Saya bisa melakukan aktivitas saya sehari-hari. Saya bisa bersekolah, bermain dan menulis cerita seperti biasanya. Dari pengalaman itu, saya belajar untuk hidup bersih dan sehat. Semoga kejadian ini tidak pernah terulang lagi.
Penyakit memang bisa menyerang siapa saja tak terkecuali usia, status kehidupan seseorang. Supaya tidak gampang sakit, saya punya cara sendiri untuk mencegahnya. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati? Saya rasa hal tersebut sedang saya terapkan pada saat ini. saya melakukan aktivitas yang produktiv setiap hari. Saya bisa melakukan hal-hal yang saya suka setiap hari sehingga hasilnya terlihat lebih baik.

1.    Rajin berolahraga
 Sumber

Olahraga sangat penting untuk kesehatan tubuh. Dengan berolahraga, dijamin tubuh akan lebih sehat dan segar sehingga saya lebih fokus dalam bekerja. Terkadang, saya tidak berolahraga setiap hari dikarenakan aktivitas yang padat. Tetapi saya berusaha membuat pergerakan badan. Seperti mengepel lantai, mencuci pakaian. Yang penting pergerakan tubuh setiap saat.

2.    Mengkonsumsi makanan sehat

Sumber

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang diperlukan tubuh setiap saat. Makan sehat adalah 4 sehat, 5 sempurna yang terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin, serat. Semuanya terkandung dalam makanan yang kita makan sehari-hari. Pola makanan yang salah dan berlebihan dapat mengakibatkan penyakit, lho sahabat. Kurangi mengkonsumsi jumlah daging supaya tidak mudah kolestrol. Ayo, sayangi tubuh anda mulai saat ini dengan saatnya memakan makanan yang sehat.

3.    Istirahat yang cukup

Sumber

Selain olahraga dan faktor makanan, salah satu penunjang hidup sehat adalah istirahat yang cukup. Usahakan jangan begadang dimalam hari dan istirahat hanya 7-8 jam setiap harinya. Jangan tunggu tubuh sahabat menjadi sakit. Sayangi tubuh anda dengan istirahat yang cukup.
4.    Lakukan hal positif

Sumber

Dengan melakukan hal-hal yang positif, saya jamin hidup sahabat akan lebih bahagia. Sahabat dapat melakukan hobby yang membuat pikiran bahagia. Seperti saya, saya paling suka menulis. Maka, saya akan menulis. Jika sahabat sudah melakukan hal yang membuat sahabat merasa nyaman, maka saya jamin, sahabat akan merasa lebih bahagia dalam hidup.
5. Konsumsi Suplemen
Vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh. Saya tidak akan lupa memberikan vitamin dengan mengkonsumsi suplemen setiap harinya. Suplemen yang mengandung vitamin sehingga tubuh tetap segar dan pastinya sehat. Sehingga saya tetap bisa menulis dan melakukan aktivitas yang lainnya.
Sejak saat ini, saya lebih menerapkan gaya hidup sehat sehingga saya bisa tetap melakukan aktivitas yang produktif. Ayo sahabat, jadilah orang yang memiliki gaya hidup sehat sehingga sahabat senantiasa bahagia.
Bagaimana cerita sahabat dalam menjaga kesehatan? Yuk  tuangkan cerita sahabat dalam lomba blog “My Healthiness, My Precious Moment”
***

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog “My Healthiness, My Precious Moment”

1 komentar:

  1. Theragran-M emang membantu banget buat memulihkan kondisi sakit, aku pun sudah mencobanya. Bahkan saat sehat pun bisa di konsumsi sebagai vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh

    Btw komen baliknya ya di artikel theragranku juga :-)

    BalasHapus