Monday, June 27, 2016

[Book Review] I LOVE MY JOB




Setelah menang ikutan GA dari blog ka Intan, aku menunggu kedatangan buku ini langsung dari penulisnya, ka Winarti. Hanya menunggu 4 hari, akhirnya buku ini sampai ditangan dengan selamat. Begitu bukunya datang, aku langsung baca bukunya saat itu juga. Hampir 3 jam aku membacanya sampai habis tetapi baru sekarang meresensi karna sibuk bimbingan sampai seminar proposal, maklum mahasiswa tingkat akhir. Tapi pada akhirnya bisa juga meresensi.Jujur, ketika aku membuka isi buku, aku cukup terkejut dengan ayat-ayat Alquran tetapi aku baca semua ayatnya.

***
Keterangan Buku :

Judul : I Love My Job (25 Kisah Islami Mencintai Pekerjaan)
Penulis : Winarti
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tahun terbit : 2016
ISBN : 978 – 602 – 02 – 8085 – 1
Tebal : 150 hlm.


Blurb :

Pekerjaan seperti apakah yang sebenarnya kita inginkan? Benarkah pekerjaan kita yang salah, ataukah mungkin kitalah yang salah? Buku ini mengajak kita untuk lebih mencintai pekerjaan yang telah kita jalani melalui 25 kisah Islami di dalamnya. Mencoba memahami tentang arti rasa syukur, membenahi diri untuk bisa berpikir dan bertindak positif, senantiasa berupaya untuk selalu pantang menyerah dan bertanggung jawab, melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati, memberikan pelayanan terbaik, dan berusaha untuk meningkatkan diri dengan kreativitas dan inovasi. 

[Review]






Buku ini menceritakan 25 kisah tentang pekerjaan sederhana yang dapat kita temui di sekitar kita seperti tukang bakso, tukang tambal ban, tukang batagor, dll. Walaupun pekerjaan yang mungkin rendah, tetapi ada alasan untuk selalu mensyukurinya, terutama dalam berbuat kebaikan. Bayangkan bila mereka tidak ada pekerjaan tersebut di dunia ini, pasti semua akan kesulitan.
Saya suka sekali topik nya dan mungkin karna penulis juga menemukan insprirasi di sekitarnya, misalkan di kantor.
Bagaimana kita mencintai pekerjaan kita dan melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati. Bagaimana orang lain puas dengan hasil pekerjaan kita.
Buku ini memberikan banyak nasihat di setiap akhir cerita dan ditambah dengan afirmasi yang membuat saya selalu bersemangat.
Dua kali saya membaca buku ini, karna sangat senang dengan afirmasi yang di tulis oleh mba Winarti. Memang judulnya sangat sederhana tetapi membuat saya sadar untuk selalu mencintai pekerjaan, dulu saya juga pernah mengajar sebagai guru privat, saya sangat bangga menjadi guru, tetapi saya juga kadang jengkel menghadapi murid saya, karna tidak bisa diatur maupun tidak mau diajak untuk les, sementara saya sudah capek pulang kuliah, tetapi saya selalu sadar bahwa saya harus bisa membujuk murid tersebut untuk belajar. Saya berjanji, jika saya bekerja nanti saya akan mencintai pekerjaan saya dengan sepenuh hati.
Buku sangat bagus di baca orang yang sudah bekerja supaya mereka meningkatkan kualitas pekerjaan mereka supaya bermanfaat bagi orang lain sedangkan untuk orang yang belum bekerja, usahalkanlah mencari pekerjaan tetapi pekerjaan yang kamu sukai.

Favorite Quote :
1.   Rezeki dari Allah. Walau belum ada penghasilan dari pekerjaan lain, insya Allah ada pahala karna kesungguhan dan keiklasan bekerja. Insya Allah, akan ada rezeki dari arah lain. (Hal 6)
2.   Bersyukurlah dengan pekerjaan yang telah dikerjakan. Bersabar dan berdoalah dengan pekerjaan yang belum bisa dikerjakan . Berilah waktu bagi tubuh dan pikiran untuk beristirahat, karna Kesehatan adalah salah satu nikmat dari Allah yang harus kita jaga dan syukuri. (Hal. 36)
3.   Lamanya waktu dan banyaknya usaha yang telah kita lakukan adalah salah satu wujud kesabaran dalam bekerja. Mengusir semua keluh kesah yang ada, hingga dada merasa lapang. Awali dan iringi setiap usaha dengan doa. (Hal. 71)
4.   Harga murah bukan alasan utama seseorang melakukan transaksi jual beli. Berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik. (Hal.120)
5.   Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini membuat kita harus terus belajar untuk memperbaiki diri. (Hal.137)

Saya menemukan kesalahan kecil
Typo hal 43 selalau –selalu

Rating **** 4 stars of 5

No comments:

Post a Comment