Saturday, June 25, 2016

Bijak Menggunakan Media Sosial



Nis,  coba lihat photo kita semalam itu, aku pengen lihat, Kata Tata.
Lihat di facebook aja Ta, aku udah share semuanya kok, Jawab Anish
Lha, kok di share di facebook sih, kan semua orang bisa lihat itu..
Iya, makanya supaya banyak orang yang suka sama kita, trus dapat likes sebanyak-banyaknya deh.
Ih, ya udah deh, nanti aku cek dulu, jawab Tata kemudian.
                                               ***
ms.m.wikipedia.org

Facebook adalah sarana komunikasi lewat dunia maya, kita bisa mengenal orang dengan mudah lewat facebook. Tinggal Add atau konfir maka kita bisa melihat status, photo, tentang dia, dan sebaliknya diapun bisa melihat semua hal yang pernah kita bagi di facebook. Facebook diminati sebagai media sosial yang paling banyak di dunia, terutama di Indonesia. Mulai dari anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa. Semuanya menunjukkan ke exist an nya di dunia maya.
Facebook memang memiliki segudang keuntungan diantaranya, sebagai media untuk menambah teman, dulu aku ingat teman SD aku, trus aku lihat namanya di facebook, trus photonya juga sama, jadi aku add deh, setelah di konfirmasi, kami chatting dan tanya ini-itu. Selain itu, bisa menambahkan teman baru, setiap kali saya check facebook saya, selalu ada orang yang ingin meminta pertemanan kepada saya, padahal saya tidak tahu siapa orang itu, tentu saja untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan, saya mengabaikan permintaan tersebut.
Kemudian facebook sebagai tempat promosi barang ataupun sebagai lapak, daripada bayar sewa tempat lapak, mending jualan di facebook secara online. Tinggal menambah banyak teman dan men tag setiap barang jualan terhadap orang yang sama sekali tidak kita kenal, kadang saya sangat jengkel dengan pelakunya, seenaknya saya men tag barang jualan mereka di profil saya, alhasil ketika saya buka facebook yang banyak memenuhi profil maupun beranda saya ya jualan orang, mereka biasanya menandai nya terhadap banyak orang semakin banyak yang melihat barang tersebut, maka semakin besar pula peluang untuk menjualnya. Keuntungan selanjutnya yaitu, facebook sebagai ajang hiburan/ informasi. Nah, mungkin saya paling suka terhadap yang satu ini, saya suka sekali terhadap artikel-artikel yang bagus, misalnya cara memasak sesuatu, informasi traveling ke daerah.
Nah, bicara mengenai keuntungannya, maka ada juga kerugian facebook, kerugian ini bisa berdampak terhadap kejahatan kriminal. Facebook digunakan sebagai ajang curhat, menulis status setiap menit/jam, mulai dari status galau, marah-marah, sedih semuanya ada di sini, bahkan status untuk menyinggung orang lain di posting di facebook. Orang bisa menilai kita dari status yang kita share setiap hari. Berbagai mengejek, kecaman, membully orang bisa dilakukan di dunia maya hasilnya yah adanya perselisihan ataupun kesalah pahaman. Contohnya kasus Florence Sihombing yang dianggap menghina Yogjakarta dalam statusnya. Dia emosi dan meluapkan kekesalannya pada media sosial dan hasilnya dia di penjara dan terisolasi dari masyarakat.
uniquepost.com

Apa yang kita share di facebook tidak boleh melukai, menyinggung, mencemarkan nama baik. Sekarang sudah ada Undang-undang dalam penggunaan media sosial, barangsiapa yang menghina atau mencemarkan nama baik, dia akan di proses oleh hukum. Jadi, bijaklah menggunakan sosial media. Postingan photo pada facebook juga digunakan penggunanya sebagai ajang untuk exist, pamer punya barang mewah, bisa pergi kemana-mana. Bisa saja orang yang belum kita kenal memanfaatkan kesempatan ini sebagai aksi kejahatan. Sudah banyak di Indonesia terjadi kasus kejahatan bermula dari facebook ada kasus pencemaran nama baik, orang hilang, pemerkosaan bahkan pembunuhan, sangat menyeramkan, bukan?
Paling miris, rasanya kita sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang mempunyai Motto “Bhineka Tunggal Ika” yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu juga. Tetapi era modern ini sepertinya sudah tidak ada lagi toleransi terhadap perbedaan. Semuanya saling mencakar dan menggigit. Tawuran antar anak sekolah, saling menghina agama, suku satu dengan lain.
Seperti kasus yang merebak yang baru terjadi karna seorang tukang jualan berjualan makanan ketika bulan puasa. Memangnya salah mencari rezeki? Ibu tersebut mungkin tidak ingin melakukan tersebut karna dia juga berpuasa tetapi karna faktor ekonomi, terpaksa dia harus melakukan hal tersebut. Berapa banyak diantara masyarakat yang paham akan hal itu? Mereka menutup mata bahwa seakan-akan mereka terganggu, jika berniat puasa maka, orang yang makan sekalipun di depan matanya, dia akan melanjutkan puasanya. Puasa itu menahan nafsu dan godaan. Jadi, jika tidak boleh menghakimi manusia apalagi ini di bulan suci. Jangan terlalu mengurusi oranglain jika hidup kamu masih berantakan.
kompastv.com
Sangat miris dan memilukan memang, jika orang luar tahu bahwa negara besar ini di huni oleh mahluk mengerikan mungkin mereka akan menertawakan negara yang sudah 70 tahun merdeka. Merdeka secara umum, bukan secara khusus.
Facebook juga membuat orang kecanduan atau addicted to social media, mereka akan gelisah jika tidak mencek facebook atau media sosial lainnya. Hasilnya orang-orang seperti ini akan lengket dengan gadgetnya, setiap makan mereka akan menggunakan HP, bicara dengan orang tua juga menggunakanan HP, semuanya semuanya tidak terlepas dari Hp, bahkan ketika HP di cas orang sempat memakainya. Memang sangat menyenangkan melihat isi dunia maya, tetapi janganlah kecanduan sehingga lupa akan kewajiban kita belajar, bekerja, berkumpul dengan keluarga.
Lalu apa solusinya untuk meminimalkan sisi negatif facebook, tentu kita bisa menikmati dunia maya tetapi kita tetap aman dari predator liar di luar sana. Beberapa tips ketika menggunakan facebook sebagai berikut:
1.   Bertemanlah dengan orang yang anda kenal sebelumnya, jangan mudah memberikan konfirmasi kepada orang asing.
2.   Gunakan facebook untuk mencari informasi yang ada inginkan, misalnya membaca cerita lucu atau artikel penting yang menambah wawasan anda dan sebagai hiburan.
3.   Jangan terlalu terlalu terbuka terhadap dunia maya, jangan meng share hal-hal yang bersifat pribadi. Baik status maupun photo.
4.   Gunakan facebook dengan bijak sebagai sarana menambah informasi yang membangun, anda dapat membagikan tulisan mengenai opini anda sehingga dapat dibaca oleh orang lain.
5.   Untuk anak-anak sebaiknya penggunaan facebook di tiadakan atau di kontrol oleh orangtua, bisanya mereka kurang mendapat perhatian dari keluarga sehingga mereka lebih tertarik menggunakan facebook.
6.   Usahakan menghapus akun anda jika memang tidak terurus supaya orang tidak bisa meng hack akun anda dan menggunakan untuk modus kejahatan atau penipuan.
Hendaknya, sebagai negara kesatuan Republik indonesia , marilah kita saling menjaga/ menghormati bahkan bertoleransi dalam setiap perbedaan. Kita adalah saudara, gunakanlah media sosial dengan bijak.
***

Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi Blog yang diselenggarakan oleh ICRS dan sebangsa.


No comments:

Post a Comment