Tuesday, September 13, 2016

Menelusuri surga Karimunjawa


Entah mengapa, setiap kali menulis tentang traveling saya selalu bersemangat. Traveling adalah hobby saya. Kecintaan saya dalam menjelajahi surga dunia terpadu dalam tulisan ini.
Sudah bukan rahasia lagi bahwa negara kita negara indonesia menyimpan berbagai belahan surga dunia. Negara yang kaya akan kekayaan alam indonesia membuat siapa saja ingin menjelajahi setiap jengkal tanah ibu pertiwi. Kekayaan alam yang beragam mulai dari gunung, pantai, situs bersejarah sampai laut yang eksotis menjadikan manusia berbondong bondong untuk menikmati keindahan alam.

Sumber : karimunjawa-islands.com

Salah satu tempat paling mempesona dengan keindahan alamnya adalah provinsi Jawa tengah. Provinsi ini dianugrahi dengan pesona alam yang indah nan menawan. Jawa tengah yang lebih dikenal dengan sentra batik mempunyai sejuta kepingan surga yang tersembunyi. Berbagai macam objek wisata terkenal warisan budaya seperti borobudur yang dibangun sejak ribuan tahun lalu membuat turis dari berbagai negara mengunjunginya. Selain itu berbagai keindahan alam diantaranya adalah dataran tinggi dieng, wonosobo dan pantai eksotis lainnya dan yang paling menarik adalah karimunjawa.
Karimunjawa
Sumber: whynottravelnow.com
Karimun jawa terletak di Jepara, jawa tengah. Pulau dengan luas 110.000 hektare menghadirkan air biru dan pemandangan yang indah menjadikannya sebagai salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika ke jawa tengah. Dengan  keindahan pantai yang alami dan membuat siapa saja jatuh cinta pada pandangan pertama. Sejak 2001, pulau ini sudah ditetapkan oleh pemerintah sebagai Taman Nasional. Berbagai macam spesies seperti hutan bakau, terumbu karang, fauna laut, ikan hias hidup di pulau ini.
Karimunjawa memiliki beberapa pulau yang dihuni oleh masyarakat maupun pulau tak berpenghuni. Untuk ke karimunjawa, sahabat bisa melakukan penyebrangan dengan kapal ferry.
·         Pantai Ujung Gelam


Sumber : sukawisata.com

Pantai ini terletak di alan-alang, Karimunjawa. Pantai ini menawarkan pemandangan yang super indah didukung oleh hamparan pasir putih, air laut yang biru dan pepohonan disekitar pantai membuat siapa saja ingin berlama-lama menikmatinya. Jika sahabat berkunjung ke tempat ini, jangan lupa untuk menikmati keindahannya. 

 Sumber : nasirullahsitam.com
Berbagai kegiatan dapat sahabat lakukan ditempat ini. berjalan-jalan disekitar pantai, menyusuri tepi pantai dengan hamparan pasir putih sambil minum kelapa muda. Sahabat bisa melakukan snorking, scuba diving ditempat ini. Berbagai macam spesies laut yang indah wajib dijelajahi. Ekosistem laut yang masih baik menjadikan spesies banyak didalamnya, berbagai macam terumbu karang, ikan hias dan ikan lainnya menawarkan pemandangan bawah laut yang indah mempesona.

·         Tracking Hutan Mangrove

Sumber : travel.kompas.com

Tracking hutan mangrove terletak di desa karimunjawa pulau manjangan besar. Tracking hutan mangrove  adalah salah satu ekosistem penting yang ada di darat. Bagi pencinta alam, wajib mengunjungi tempat yang satu ini. Sahabat bisa melakukan kegiatan kepedulian alam, berjalan santai ataupun bersepeda. Menyusuri pepohonan bakau dan berbagai macam ekosistem alam ditambah suasana  alam yang  nyaman dan sejuk berada ditempat ini. 

Sumber : www.delimun.com

Untuk sahabat yang suka fotografi, tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai objek karna suasana yang hijau dan tenang. Sahabat juga bisa beristirahat di gardu yang telah disediakan.

·         Bukit Love

Sumber : rodadanroti.com

Bukit love terletak di di dusun Jatikerep, desa karimunjawa. Bukit love berada di dibukit dengan hamparan laut luas. Sahabat bisa menikmati pemandangan laut yang indah dari atas bukit. Suasana yang nyaman dan sejuk sangat menawan hati. Untuk pasangan romantis, wajib mengunjungi bukit LOVE karimunjawa. Pantai ini menawarkan keindahan pantai yang eksotis. Sahabat bisa menikmati pantai yang indah di kala sunrise dan sunset. Pantai ini bisa dijadikan sebagai latar untuk photo pre-wed. Menarik bukan ?
Wisata kuliner
Tak afdol rasanya bila tak berwisata kuliner di karimunjawa. Selain menikmati wisata alam karimunjawa, jangan lupa sahabat untuk menikmati wisata kuliner yang menemani perjalanan sahabat. 
Sumber: samishare.com
Sumber : ensiklopediwisataindonesia.wordpress.com

Wisata kuliner juga tak kalah menarik untuk dinikmati. Selama berlibur di karimunjawa, jangan lupa untuk mencicipi makanan dan minuman khas daerah tersebut. Tidak lupa mencicipi kuliner khas karimunjawa wedang jahe yang terkenal banyak manfaat untuk tubuh. Sahabat bisa menikmati alam mengobrol dengan pasangan ditemani dengan secangkir hangat wedang jahe dan klepon alang-alang.

Dengan menikmati keindahan karimunjawa, jangan lupa untuk menaati peraturan yang ada di pulau tersebut, terlebih jadilah wisatawan yang bijak dengan menjaga kebersihan pantai. Mari kita jaga bersama keindahan pulau karimunjawa supaya kita tetap bisa menikmati pesonanya.
***
Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba blog visit jawa tengah yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi Jawa Tengah @visitjawatengah


No comments:

Post a Comment