Monday, May 9, 2016

Shopaholic

Shopaholic berasal dari kata ‘’shop’’ yang artinya shopping atau berbelanja dan aholic ‘’ artinya kecanduan .Maka shopaholic dapat didefinisikan seseorang yang sangat gemar berbelanja menghabiskan banyak waktu dan uang .Berbelanja adalah kebiasaan shopaholic dan biasanya barang-barang yang dibelinya bukan barang yang dia butuhkan melainkan barang yang dia inginkan .Shopaholic bisa saja wanita maupun pria.Mereka akan sangat tergila-gila akan barang terutama ketika diskon , mereka tidak dapat menahan hasrat untuk berbelanja.Bagi mereka berbelanja sangat menyenangkan tak peduli barang tersebut mahal dia akan selalu berusaha untuk mendapatkan hal tersebut dengan berbagai cara.
Saya mempunyai seorang teman wanita .Dia adalah seorang shopaholic.Dia sangat gemar berbelanja.Belanja Ini dan itu mulai dari toko satu sampai toko berikutnya dia masuki. Dia adalah tipe orang yang sangat memperhatikan kualitas dan kuantitas barang , dia sangat gemar terhadap barang-barang yang menurutnya sangat menarik .Lemarinya penuh dengan baju-baju dan bisa dikatakan hampir sebagian saja baju tersebut pernah dia kenakan selebihnya hanya sebagai pajangan . Deretan sepatu dan tas selalu berjejeran dilemari . Sepatu tersebut tidak dapat dihitung dengan jari saking banyaknya.
Dia lebih banyak meluangkan waktu untuk berbelanja, browsing terhadap fashion terbaru ,style dan lainnya yang katanya sangat unik .Ketika ditanya kenapa kamu membeli ini ,maka jawabannya cuman 2 kalau bukan lucu pasti unik . Saya kadang-kadang tidak habis pikir dan hanya bisa tersenyum melihat tingkahnya yang abnormal .Setiap hari dia harus ganti style . Selalu up to date dengan style terbaru.Waktunya selalu tersita untuk hal tersebut . Dia menghabiskan banyak uang untuk membeli barang-barang yang sangat tidak bermanfaat parahnya lagi barang tersebut tidak cocok dengan umurnya tetapi dia beli , dia benar-benar kecanduan .
Setiap hari ketika jalan-jalan , dia pasti akan berbelanja baju .Matanya tidak tahan dengan etalase bening yang berisi barang ‘branded’ yang selalu menggodanya. Dia selalu berteriak jika ada produk terbaru , benar-benar tak ada sama sekali  perencanaan yang matang untuk menghabiskan uangnya.Dia tidak memikirkan masa depan ,gajinya selalu habis untuk berbelanja.Tidak ada perencanaan keuangan dan investasi yang akan menjamin masa depannya .Dia bilang bahwa barang tersebut juga termasuk investasi .Memang hal tersebut benar , tetapi investasi yang dia maksudkan bukan investasi jangka panjang .Melainkan investasi jangka pendek .Barang-barang seperti pakaian , tas ,perhiasan maupun sepatu akan selalu menurun nilai jualnya setiap tahun. Lebih baik berinvestasi emas ataupun properti yang dari tahun –ketahun selalu meningkat .
Semua barang tersebut bisa dia gunakan , dan dapat dijadikan koleksi .Tetapi alangkah bijaknya bila dia menabung untuk masa depan .Kesenangan dan kebahagiaan menjadi faktor utama ketika dia berbelanja .Kenyamanan akan pelayanan  ,ketertarikan barang membuat mata menjadi gelap tak peduli harga selangit .Apalagi ketika mereka sedang ada masalah dan stres maka mereka akan meluapkan masalah mereka dengan berbelanja.Dengan berbelanja maka mereka akan merasa bahagia. Terkadang shopaholic merasa bahwa mereka mempunyai prinsip yang salah dalam hal berbelanja , mereka sadar bahwa mereka sedang berbelanja barang yang sangat tidak berguna tetapi tetap saja mereka tidak bisa mengontrol diri dan tergoda untuk berbelanja .Mereka kerap kali berbohong kepada oranglain tentang sifat buruk mereka dalam hal berbelanja .Mereka bahkan rela ngutang asalkan barang yang mereka inginkan dapat terbeli .Jika tidak mereka pasti mengalami mimpi buruk .
Shopaholic adalah penyakit tetapi bukan penyakit secara fisik atau penyakit dalam , tetapi shopaholic mengalami gangguan obsesif kompulsif yaitu bayangan-bayangan yang selalu mengatakan untuk berbelanja didalam otak mereka, sehingga jika tidak dipenuhi maka mereka akan tersiksa. Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Bisakah shopaholic itu sembuh ? Jawabannya adalah ya bisa ,mereka bisa sembuh menjadi normal kembali dengan bantuan psikolog .Dengan bantuan psikolog dan keteguhan dari dalam diri, seorang shopaholic dapat sembuh dengan berbagai macam pendekatan sehingga mereka benar-benar dapat mengontrol diri dalam berbelanja .
Ada berbagai macam faktor kenapa orang bisa menjadi shopaholic diantaranya adalah mereka mempunyai gaya hidup yang hedonis atau disebut materialis yang selalu merasa bahwa manusia harus memiliki barang mewah seperti mobil ,baju mahal ,tas dan sepatu branded yang bisa dikatakan kebutuhan tersier yaitu kebutuhan akan pelengkap atau pemuas saja.Orang yang materialis akan selalu mengikuti fashion terbaru , mereka bisa dibilang akan minder bila tidak memiliki barang yang mereka ingini bila tidak mereka akan selalu cemas karna diliputi rasa kekurangan , dan mereka termotivasi untuk selalu berusaha mendapatkan barang yang mereka inginkan .
Iklan-iklan yang bertebaran akan selalu menarik perhatian para shopaholic . Tidak peduli sedang dimana dan sedang apa , Mereka akan merasa tertarik dan langsung mengunjungi toko tersebut .Mereka akan sangat tergila-gila dengan barang-barang dan suka menghabiskan banyak waktu ditoko untuk berbelanja . Mereka menganut sifat konsumtif yang selalu membeli dan memakai .Ini adalah cara mereka untuk melepaskan diri dari stres untuk mendapatkan kesenangan .Iklan-iklan besar dijalanan akan memicu mereka menjadi terobsesi untuk mendapatkan barang tersebut .
Dampak dari shopaholic tentu akan membawa dampak buruk .Shopaholic dapat merugikan karna mereka akan mengalami krisis uang yang diakibatkan dana yang selalu habis akibat berbelanja.Tidak peduli mereka akan menghabiskan gaji mereka padahal masih awal bulan .Mereka memiliki perencanaan keuangan yang buruk . Mereka akan berusaha untuk ngutanguntuk berbelanja bahkan ada yang terlilit hutang karna obsesi mereka akan barang-barang .Shopaholic akan merasa terganggu dan tidak dapat fokus ketika sedang bekerja atau sedang belajar yang ada dalam pikiran mereka adalah belanja dan belanja .Mereka dapat dipecat dari pekerjaan karna kualitas mereka yang buruk dan untuk pelajar dapat mengalami menurunnya nilai akademis .
Shopaholic memiliki pergaulan yang cenderung minim , mereka hanya akan berteman dengan orang yang sejajr dengan mereka . Mereka adalah orang yang sangat mengerti  tentang fashion jadi mereka tidak akan berteman dengan orang yang fashionnya jauh dibawah standart dengan begitu mereka akan merasa dihormati dan dihargai karna mereka memiliki fashion yang high class .Mereka hanya akan berteman dengan sesama shopaholic dan akan menghabiskan waktu untuk membahas fashion terbaru dan sibuk berbelanja .Mereka juga pengkritik habis dalam hal fashion. Mereka hanya menjalin hubungan dengan orang yang high class atau bisa disebut mereka mengincar para boss ,direktur perusahaan, manager yang notabene memiliki banyak uang .Mereka tidak akan segan untuk memoroti pasangan mereka dan menjadikannya ATM berjalan .
Shopaholic dapat memicu seseorang bertindak kriminal seperti mencuri, berbohong ,dan bahkan korupsi untuk mendapatkan uang demi memenuhi keinginan mereka untuk berbelanja.Mereka adalah tipe orang yang malas bekerja dan menghabiskan banyak waktu dengan barang-barang mereka .Mereka suka terlambat kekantor karna harus menghabiskan watu untuk memilih baju dan merias diri dipagi harinya .Mereka pasti menyempatkan diri untuk melihat fashion terbaru .Bahkan dampak shopaholic bagi yang berumah tangga menyebabkan perceraian karna ketidaksesuaian dengan pasangan dalam hal anggaran keuangan .
Uang yang diberikan hanya habis untuk berbelanja dan berbelanja . Istilahnya lebih besar pasak daripada tiang . Anak-anak menjadi terlantar sementara sang ibu sibuk berfoya-foya mengabiskan uang .Dia lebih mementingkan keinginannya daripada kepentingan anak-anaknya .Shopaholic berpotensi bunuh diri jika tuntutan-tuntutan dalam pikirannya tidak dipenuhi .Dia merasa tersiksa bila tidak memenuhi keinginanya dan menyebabkan stres, depresi dan akhirnya bunuh diri .Shopaholic sangat merugikan diri sendiri dan mengancam keselamatan jiwa .
Jadi siapa saja yang berpotensi menjadi shopaholic ?Jawabannya adalah semua orang dapat menjadi shopaholic ,laki –laki atau perempuan , orang kaya dan bahkan orang yang tidak punya uang sama sekali .Bagi kaum perempuan ,mereka akan membeli tas branded, sepatu ,perhiasan dan make up sedangkan untuk kaum lai-laki mereka cenderung membeli barang elektronik seperti game terbaru ,hp , kamera ,dll .
Lalu bila semua orang berpotensi menjadi shopaholic , bagaimana cara mencegahnya ? apa solusinya ?Jawabannya adalah gunakan uang anda dengan baik . Mengatur keuangan dengan baik akan membuat kantong ada tidak jebol bahkan anda akan bebas dari masalah hutang , sebelum berbelanja anda pikirkan terlebih dulu barang apa saja yang akan anda beli .Utamakan belanja kebutuhan anda sehari-hari buatlah daftar belanja anda dan bawa uang pas-pasan ketika anda berbelanja.Dengan begitu uang yang akan gunakan terkontrol dengan baik .Ketika anda melewati toko-toko anda bisikkan pada diri anda bahwa ‘’aku tidak membutuhkan ini’’ segera berlalu dari hadapan toko tersebut atau anda akan gagal move on .Segera pisahkan uang untuk kebutuhan anda dan segera tabung sisanya.Anda sebaiknya mempunyai 2 rekening yang berbeda .Satu untuk tabungan yang mana tidak mempunyai ATM dan satu rekening lagi untuk kebutuhan sehari-hari ,anda diperbolehkan untuk menggunakan ATM .Hindari pemakaian kartu kredit dan hanya membawa uang cash saja ketika berbelanja .
Anda harus punya buku pemasukan dan pengeluaran .Setiap pemasukan dan pengeluaran harus dicatat dengan begitu anda akan lebih  mudah melihat rincian pengeluaran anda dan dijamin anda akan bertobat .Kemudian hindari majalah-majalah fashion dan jangan coba-coba buka toko online .Gunakan waktu senggang anda untuk hal-hal yang positif misalnya berkumpul bersama keluarga , menulis , atau melakukan hobby anda pastinya anda akan merasa lebih baik .Jika anda terus gelisah dan cemas sebaiknya anda cari tahu penyebab kecemasan anda .Anda dapat menghubungi psikolog untuk membantu anda menyelesaikan masalah tersebut supaya hidup anda akan lebih terarah .Anda harus menanamkan sikap ketegasan ,disiplin , dan pengendalian diri supaya anda dapat move on .
Mulailah berkonsultasi dengan penasehat keuangan karna akan membantu perencanaan keuangan anda dengan baik .Anda dapat menabung bahkan jika anda menggunakan uang anda mulailah berinvestasi jangka panjang yang akan memberi banyak keuntungan dimasa depan seperti membeli emas ,aset , properti dan lain-lain karna nilai dari barang tersebut akan selalu meningkat .Anda juga dapat menggunakan uang anda untuk asuransi .Anda dapat memilih produk asuransi seperti asuransi kesehatan     ,supaya ada jaminan kesehatan anda .Mulailah melakukan hal-hal yang baru namun positif supaya kebiasaan buruk anda terkubur .

#PromptShopaholic

No comments:

Post a Comment