Rabu, 10 Agustus 2016

[Book Review] Our Destiny by Aya NH



Keterangan Buku



Judul              : Our Destiny
Penulis          : Aya NH
Editor             : Ruth Priscilia
Sampul          : Orkha Creative
Penerbit        : Gramedia
Jumlah Halaman    : 188

[Blurb]

Hari Afra berubah warna-warni setelah Radit hadir dalam hidupnya dan menjadi pacarnya. Kehidupan rumah yang selalu membuatnya sedih karena Nenek begitu membencinya tak lagi terasa begitu berat.

Afra kira ini awal menuju keadaan yang lebih baik.
Tapi, kenyataan berkata lain. Radit memutuskannya, Nenek menuduhnya sebagai penyebab adiknya celaka, dan ia tak sengaja mengungkap rahasia kelam yang bertahun-tahun disimpan keluarganya.

Kemudian Ihsan—mantan pacar yang dulu mencampakkannya—tiba-tiba kembali mengisi harinya.

Ujian kelulusan semakin dekat, Radit punya pacar baru, dan Nenek tetap mengecapnya sebagai “anak pembawa sial”. Ke manakah takdir akan membawa Afra? Kebahagiaan atau tangis kehilangan?

[Rewiew ]

Afra merupakan gadis yang kuat sekaligus tegar dalam menjalani kehidupannya. Dia harus tinggal seatap bersama nenek yang membencinya selama ini. tanpa alasan. Untunglah masih ada kakek, dan keluarga yang menjadi sumber kebahagiannya. Disamping itu, dia harus sakit hati kembali karna pacarnya selingkuh dan masalah tambah lengkap karna mantannya hadir kembali kedalam hidupnya.
Radit adalah sosok pemuda yang perhatian dan menyenangkan terhadap pacarnya. Dia ingin sekali hidup bersama-sama dengan pacarnya. Kuliah bersama, sampai mencari pekerjaan bersama-sama. Tapi dia harus sengaja membuat skenario dengan menghianati pacarnya dan membuatnya harus melupakannya. Karna ada sesuatu yang terjadi dengan dirinya.
“Baiklah. Kalau sabar yang harus ia berikan, maka dia akan memberikannya. Dia akan bersabar sampai tidak mampu melakukannya lagi”. –Halaman 19
Saya sangat kasihan melihat sosok Afra dalam cerita ini, bagaimana tidak dia harus diberi banyak ujian dari sang penulis. Mulai dari dibenci oleh nenek . Inilah konflik yang sangat tidak masuk akal menurut saya. Kemudian Radit dan Ihsan yang tiba-tiba datang dan menghilang begitu saja dalam hidupnya.

Tetapi berkat kesabarannya, Afra bisa menyelesaikan kesabarannya dan mendapatkan jawaban dari Radit pacarnya. Akhirnya terungkap, ternyata ada sebuah rahasia yang besar yang dijalankan sekaligus disembunyikan oleh ihsan dan teman-teman Afra. Mampukah Afra menerima semuanya ini? apalagi menyangkut Radit, cowok yang sangat dia cintai?
Sang penulis, sukses membuat alur cerita yang menarik. Saya harus akui, alur tulisan ini sangat bagus. Selain itu, tokoh Afra sukses diceritakan dalam kehidupan remajanya, bagaimana sekolahnya dan kisah percintaannya bahkan bagaimana dia menjadi mahasiswa kedokteran yang sukses di UGM, semuanya terangkum jelas dalam cerita novel ini.
Tokoh favorit adalah Afra yang memiliki sifat penyabar dan hati yang tangguh serta mau menerima kenyataan. Saya sangat salut pada tokoh Afra.

Kutipan favorit:
1.       Masa lalu tidak mungkin bisa kembali . Hal 49
2.      Diantara pahit, selalu ada manis. Hal 65
3.      Karma does Alive. Hal 70
4.      Setiap orang punya masa lalu. Hal 80
5.      Kita harus terbuka untuk sesuatu yang menurut kita perlu kita ketahui. Hal 82
6.      Berdoa dan berusaha, lo pasti bisa . Hal 92
7.      Suatu hari keadaan akan berubah. Hal 107
8.     Penantian tidak akan sia-sia . Hal 129
9.      Masih ada kuasa yang lebih besar dari vonis kedokteran, yaitu doa. Hal 151
10.  “Karena dengan atau tanpa Radit, lo berhak bahagia, Ra”. Hal 176

Typo :
1.       Terrgelung –tergelung Hal 18
2.      Hari –Hai Hal 54
3.      Sestoples- setoples Hal 56
4.      Tepergok- kepergok Hal 68
5.      Radit- Ihsan . Hal 74
6.      Menghunjamnya – Menghujamnya Hal 86
7.      Percampuan –Percampuran Hal. 141

Overall, ceritanya menarik untuk dibaca sang penulis menuliskan dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah ditangkap. Tetapi saya juga  banyak menemukan typo dalam novel ini, harusnya ada proof reader untuk meminimalisir typo  tapi tidak membuat saya tidak menyukai ceritanya. Saya salut sama penulis, buku pertama yang saya kira sukses menghibur saya dan tidak mengira alur ceritanya. Sukses selalu buat penulis, Aya NH. Semoga melahirkan buku-buku yang menarik dari tangannya. Terimakasih telah mengirimkan buku ini pada saya langsung. Saya sedikit kecewa karna penulis tidak membubuhkan tanda tangan dalam buku ini.

Ratings :
4 of 5 stars

****

1 komentar: