Wednesday, August 10, 2016

[Book Review] Love Puzzle by Eva Sri Rahayu


Keterangan Buku :




Judul              : Love Puzzle
Penulis          : Eva Sri Rahayu
Penyunting   : Ifnur Hikmah
Perancang Sampul  : Fahmi Ilmansyah
Penerbit        : Naura Books
Jumlah Halaman : 281

[Blurb]

Rasi memberi senyuman, tetapi cowok itu malah tidak mengacuhkannya.
“Raja?” sapa Rasi.
“Sori?” Kening cowok itu berkerut.
“Kamu Raja, kan?” tanya Rasi lagi.
“Hmm, enggak usah sok kenal, deh,” balas Raja dingin.
Rasi melengkungkan bibirnya, cowok keren memang sering kena amnesia! “Enggak usah nyebelin gitu, deh. Kamu kan yang nanya-nanya soal fotografi di atap BIM kemarin? Kalau aku salah orang, biasa aja, deh.”
Raja merespon perkataannya dengan wajah kaget. Namun sedetik kemudian, ekspresi Raja kembali sinis. “Denger ya, aku enggak kenal kamu!” geram Raja penuh penekanan.
Sejak ketemu cowok itu, Rasi merasa level hatinya naik turun seperti roller coaster: kadang berbunga, kadang kesal setengah mati. Sama seperti sikap Raja yang jago sulap: kadang baik, kadang nyebelin. Ada ya orang yang seperti itu? Rasi hanya belum tahu kalau di balik semua kejadian ada misteri tersimpan. Dan takdir menuntun Rasi masuk ke labirin yang entah ke mana berujung ….
***
[Review]

“Dia menginginkan kehadiran iskandar. Belum pernah dia merasa bertemu ingin bertemu kakaknya itu”. Hal 125

Rasi adalah gadis yang ceria dan suka banget potografi, tanpa sengaja dia bertemu dengan Raja yang misterius. Sosok Rasi yang pemberani dan tak gampang menyerah membuatnya menjadi superhero dalam cerita ini. Dia sukses menjadi tokoh utama yang bisa mendamaikan semua pihak.
Raja adalah cowok tampan sekaligus berbakat dalam membuat komik. Dia adalah sosok yang mampu memubuat Rasi bergetar dan begitu banyak petualanagannya dengan Rasi seperti mengajarinya bermain basket.

Ayara adalah sosok gadis cantik bak bonekan jepang yang rapuh. Dia memiliki masa lalu yang selalu menyeretnya dalam masalah. Dia tidak mempunyai sahabat sampai dia bertemu sosok Rasi yang baik dan menjadikannya sebagai sahabat. Tetapi karna ada masalah besar, dia menuduh Rasi sebagai penghianat.
Dari judulnya Puzzle, kita bisa menebak jenis cerita apa Novel ini dan dari judulnya kita diharuskan fokus untuk mengikuti ceritanya. Seperti teka-teki, saya diharuskan berpikir keras tentang sosok Rasi dan Raja. Tetapi diakhir cerita saya tidak menyangka bahwa cerita ini sangat apik dengan puzzlenya. Menggunakan alur maju-mundur, penulis sukses menciptakan teka-teki cinta yang rumit.
Buku ini bercerita tentang gadis remaja, Rasi bertemu dengan Raja seorang cowok tampan. Yang membuat Rasi bingung adalah tingkah Raja yang kadang berubah baik dan kadang tidak. Dia merasa bahwa raja adalah sahabat kecilnya. Dia semakin bingung, ditengah masalahnya, dia tidak sengaja bertemu dengan Ayara dan menjadi sahabatnya. Dia sangat tersentuh dengan gadis tersebut karna memiliki hidup yang menyedihkan.
Konflik dalam cerita ini sungguh nyata dan sangat masuk akal. Ketika membaca buku ini, saya ditantang untuk fokus dan harus segera menyelesaikan buku ini. Ibarat detektif, saya harus mencari kebenaran dari setiap puzzle untuk mengungkap rahasia yang tersembunyi dalam cerita.
Berbagai konflik yang runtut dan rahasia didalamnya yang harus dipecahkan. Kehidupan Tokoh Rasi ibarat takdir yang membawanya kepada rahasia terbesar sekaligus sebagai problem solver.
Tokoh yang paling saya sukai tentunya tokoh Rasi yang pemberani, dia sanggup mengungkap kebenaran dan menyadarkan orang-orang yang hidup dalam kepura-puraan. Tetapi saya sedikit bosan dengan Rasi yang ditakdirkan penulis, hidupnya hanya untuk Raja, Ayara dan lain-lain. Dia seperti tidak hidup dengan dirinya sendiri atau dengan teman-temannya. Penulis terlalu fokus terhadap hidup Rasi hanya untuk Raja dan Ayara.
Pada akhirnya mampukah Rasi memecahkan puzzle tentang sikap Raja yang sangat berbeda dan dingin? Apa rahasia yang disembunyikan Raja? Bagaimana dengan Ayara? Apakah Rasi berhasil menyadarkan Ayara dari kehidupannya? Dari kepura-puraannya? Baca bukunya ya !


Kutipan favorit :
1.       Perpisahan dan kehilangan merupakan keniscahayan. Satu hal yang pasti bisa memisahkan, Kematian !! –Hal.126
2.      Oranglain tidak akan mengerti perasaannya karna tidak mengalaminya sendiri. –Hal. 130
3.      Setiap orang punya bagian liar dalam dirinya. Sesuatu yang kamu anggap hidup salam dirimu itu memang dirimu sendiri.-Hal 217
4.      Bukankah seharusnya cinta menuntun pada kejujuran ? Hal.223
5.      Cinta dilahirkan bukan diciptakan. Cinta bukan ‘tidak harus memiliki’, tetapi ‘memang tidak semua cinta bisa dimiliki’ Hal 234
6.      Semua butuh waktu, tapi mulai saat ini aku aku akan berusaha lebih mengerti kedua orangtuaku.-Hal 271

Kalimat Sindiran :
1.       “aku enggak nyangka ternyata kamu separah ini .Yah.... minimal naik lima wahanalah.”-Hal. 79
2.      Cinta tidak bisa ditipu oleh rupa. Hal- 248
3.      Kenapa oranglain yang memperjuangkan kebahagiaan anak saya? Kenapa saya sebagai orangtuanya malah menutup mata”. –Hal 254
Overall, aku sangat menyukai cerita ini. Bukan sekedar cerita tetapi pembaca dituntut untuk berpikir sekaligus menebak yang akan terjadi. Selalu ada kejutan disetiap puzzle. Aku menemukan beberapa Typo dalam tulisan tapi tidak membuat aku tidak menyukai buku ini. Buku ini cocok dibaca oleh remaja dan begitu banyak pesan moral yang saya dapat dalam buku ini. Tak perlu hidup dalam kepura-puraan, karna rasanya sangat menyakitkan. Kebenaran memang pahit, tapi memang itulah kenyataanya.

Ratings :
4 stars of 5
****





No comments:

Post a Comment