Wednesday, August 24, 2016

Menikmati Indahnya Pulau Samosir



Indonesia adalah negara dengan banyak kepulauan, suku, bahasa, dan keragaman lainnya. Indonesia itu unik, walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu juga. Indonesia adalah salah satu negara yang terkenal dengan kekayaan alam serta pesonanya yang luar biasa. Dari pulau eksotis, pantai, gunung yang bervariasi sampai lembah maupun jurang yang mendatangkan setiap orang ingin menyentuhnya.
Ketika ditanya manakah tempat paling indah di indonesia ini? tentu jawabannya adalah Danau Toba. Danau Toba yang tak akan pernah lekang oleh waktu karna keindahannya dan juga karna inilah rumah saya. Danau Toba selalu saya rindukan ditenganh aktivitas saya yang padat. Berbagai macam objek wisata disana. Danau Toba berkolasi di sumatra utara. Danau ini terbentuk akibat letusan dasyat gunung berapi ribuan tahun yang lalu. Dasyatnya letusan itu sampai keluar negeri daan menelan banyak korban. Tetapi setelah beratus tahun kemudian, terbentuklah danau Toba yang indah. Uniknya danau Toba mengelilingi sebuah pulau yang dinamakan pulau samosir.
Pulau samosir adalah pulau yang dihuni mayoritas suku batak. Banyak para penduduk menjadikan Danau Toba sebagai sumber mata pencaharian mereka. Para nelayan menangkap ikan, membuat keramba, sampai membangun hotel.
Rute perjalanan ke danau Toba tidak ribet. Cukup terbang selama 45 menit dari Jakarta menggunakan pesawat , kemudian sahabat bisa naik taxi dari medan, hanya membutuhkan waktu selama 3 jam. Atau sahabat juga bisa naik bus atau angkutan umum lainnya. Nah, sahabat akan tiba di parapat dengan pemandangan yang menyegarkan mata. Danau Toba yang luas dan berair jernih akan membuat sahabat memuji keindahan danau ini. Saya yakin bahwa sahabat akan terpesona dengan pemandangan ini.
Jika ingin mengunjungi pulau samosir, Start dari Jakarta sahabat bisa memesan Tiket pesawat jauh-jauh hari sehingga Tiket Pesawat lebih murah. Saya lebih nyaman terbang dengan pesawat Lion Air . Dengan pesawat Lion Air hanya dibutuhkan waktu selama 45 menit dan akan tiba di bandara Kuala Namu, Medan. Sahabat bisa naik Taxi dari bandara menuju parapat dibutuhkan waktu sekitar 4 jam. Jika ingin ke pulau Samosir,  sahabat harus menyebrangi Danau Toba dengan kapal angkutan atau bisa juga naik fery. Lama penyebrangan hanya berkisar 45 menit-1 jam. Sahabat akan tiba di tomok. Sahabat bisa menemukan penginapan atau hotel ditempat ini.
Nah, sahabat bisa berkeliling pulau samosir, karna begitu banyak objek wisata bersejarah. Objek wisata masih mempertahankan keasliannya. Beberapa objek wisata di pulau samosir adalah :
1.      Batu kursi siallagan

Batu kursi siallagan adalah salah satu objek wisata yang masih bertahan. Disini, sahabat bisa mengunjungi rumah adat batak, museum batak yang terdiri dari perkakas-perkakas yang digunakan pada zaman dulu, ulos, serta sigale-gale.

Disini, sahabat bisa menari dengan puas serta berkenalan dengan adat-istiadat orang batak.
2.     Aek natonang

Mom and I at Aek Natonang

Aek natonang adalah salah satu destinasi tujuan wisata lokal. Saat ini, Aek natonang sedang melakukan pembangunan daerah wisata, karna pesona danau kecil, berpotensi sebagai objek wisata. 

Disini, pemandangannya sangat bagus, suasana yang indah dan nyaman membuat siapa saja betah ditempat ini. oh ya, jika ingin kesini, saya sarankan sahabat semua membawa makanan. Sangat cocok untuk berpiknik ria bersama keluarga.
3.     Pantai pasir putih, parbaba



Pantai pasih putih, parbaba sekitar 20 Km dari Tomok adalah sebuah destinasi yang menyenangkan. Dipantai ini, sahabat akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih nan luas ditambah dengan pemandangan danau Toba yang begitu indah. Suasana pantai yang bersih dan sejuk menjadikannya sebagai tempat yng ingin dikunjungi wisatawan. Terbukti dari tahun ketahun, wisatawan meningkat. 

Pantai ini dilengkapi berbagai wahana bermain, seperti banana boat, jet ski, sepeda air dan sampan. Jika sahabat membawa keluarga sahabat beserta keluarga bisa bersantai dan menyewa tikar. Sahabat juga bisa berenang dipantai ini.
4. Hot spring, Pangururan

Hot spring adalah pemandian air panas yang bersumber dari gunung pusuk buhit. Gunung ini masih aktif dan menghasilkan  menghasilkan balerang dan air panas langsung sari gunung.  Sahabat bisa mandi dan berelaksasi di kolam renang sambil menikmati pemandangan danau toba dari gunung. Saya sarankan anda berendam ketika malam hari, karna suasana danau Toba yang dingin membuat anda lebih betah berlama-lama didalam air panas.
Masih banyak destinsi alam samosir yang harus dikunjungi. Keindahan pulau samosir yang tak berkesudaha membuat siapa saja ingin berlama-lama . Pulau samosir adalah pulau yang indah. Datang dan saksikan sendiri keindahannya ya.


Pesona alam Danau Toba dan sekitarnya bisa dijadikan getaway dari aktivitas padat sahabat. Come arround and get lost in samosir island.
Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba menulis Aku Cinta Indonesia

1 comment: