Thursday, July 28, 2016

Tips Rumah aman selama Mudik



Mudik adalah salah satu tradisi yang dilakukan banyak orang sebelum lebaran. Mudik bertujuan bersilaturahmi kekampung halaman, bertemu dengan saudara dan keluarga. Lebaran memang diidentik dengan mudik. Nah, saat mudik tentu saja kita meninggalkan seluruh aktivitas, pekerjaan, bahkan rumah kita sendiri. Kan nggak enak dong kalau rumahnya dibawa juga, emang keong...
Nah, sudah banyak nih kasus kriminal yang memanfaatkan mudik sebagai rencana kejahatan. Para maling beraksi bobol membobol rumah yang tidak berpenghuni. Pastinya, sahabat nggak mau dong kalau rumah kita dibobol maling.

Berikut ini, beberapa tips yang bisa kita terapkan agar rumah aman saat mudik. Jadi, walaupun lebaran dirumah keluarga rumah tetap aman.
1.      Pastikan semua seperti jendela, pintu rumah, pintu pagar, dan pintu masuk lainnya terkunci rapat, kalau ada pintu yang rusak, segera perbaiki.

2.    Jangan menaruh kunci diarea yang mudah dijangkau seperti dipot tanaman ataupun dibawah keset karna akan mempermudah langkah para pencuri. Simpanlah kunci sahabat ditempat yang aman.

3.    Sahabat bisa memanfaatkan bantuan teknologi saat ini, kita bisa menggunakan kamera CCTV untuk memantau setiap ruangan.

4.    Jika sahabat memiliki hewan peliharaan, mintalah tetangga atau orang yang sahabat percayai untuk memberi makan hewan tersebut, atau titipkan di penitipan hewan, yah.
5.     Tidak perlu mengapload photo atau menceritakan keadaan rumah yang sedang kosong ke media sosial atau orang lain, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

6.    Bersihkan rumah dari kotoran, buang sampah, dan sahabat bisa memberikan sayuran atau bumbu yang tersisa ketetangga supaya tidak membusuk didapur dan tidak mengundang tikus berdatangan.

7.     Jangan meninggalkan barang berharga anda seperti dokumen penting maupun harta benda lainnya. Sebaiknya dititipkan kepegadaian.

8.    Sahabat jangan lupa pamit kepada tetangga, RT/RW. Mintalah mereka mengawasi rumah sahabat sesekali.
9.    Jika sahabat berlangganan koran atau majalah, sebaiknya ditunda dulu sampai sahabat kembali kerumah agar koran/majalah tidak menumpuk.

10.                        Berdoalah supaya rumah anda tetap aman.



Nah, kira-kira begitulah tips dan saran bagi sahabat sebelum mudik. Sahabat bisa terapkan sebelum mudik.

2 comments: