Thursday, November 10, 2016

Mengenal Lombok Sumbawa lebih dekat

Image result
Sumber
Indonesia memang pantas disebut sebagai tanah surgawi. kekayaan dan kebenakaragaman alam terbentang luas dari sabang sampai merauke. Gunung, pantai, sampai budaya yang beranekaragam membuatnya menjadi kesatuan yang unik dan indah. Jika anda suka traveling, maka salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi adalah pulau Lombok. Pulau Lombok adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelah barat dan Selat Alas disebelah timur dari Sumbawa. Lombok termasuk provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau Lombok menyimpan banyak keindahan wisata alam yang sayang untuk dilewatkan. Pulau Lombok memiliki wisata bahari yang sangat mempesona.


Lombok memiliki banyak pulau-pulau eksotis. Salah satunya adalah Sumbawa. Mungkin, pulau ini tidak se terkenal pulau Bali atau Pulau Flores tetapi Buat anda yang ingin traveling, saya sarankan untuk mengunjungi Sumbawa. Sumbawa memiliki banyak pulau eksotis yang memukau. Pulau ini masih banyak yang belum tersentuh oleh manusia. Jadi dijamin bebas polusi, sampah maupun limbah. Semuanya masih bersih dan asri. Tanah Sumbawa memang indah.
Berikut beberapa daftar wisata yang wajib anda kunjungi ketika liburan ke Sumbawa


Mengunjungi pulau Moyo
Pulau Moyo adalah salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika ke sumbawa. Pulau ini memiliki pesona yang tiada tara indahnya. Hamparan pasir putih yang membentang dipesisir pantai, air laut biru menawarkan pemandangan yang aduhai. Pulau ini memang tak banyak dikunjungi oleh wisatawan, bisa dikatakan pulau Moyo adalah pulau tak berpenghuni. Tetapi anda dapat melakukan berbagai aktivitas disini seperti snorkling, berjalan santai di pesisir pantai, atau berjemur ditepi pantai, dan masih banyak lagi kegiatan lain yang menyenangkan.

Padang savana di Pulau Kenawa

Image result
Padang Savana membentang luas
Jika anda memimpikan padang savanna maka disinilah tempatnya. Pulau yang tak berpenghuni namun hanya ada padang yang membentang luas, serasa di taman. Tidak ada polusi, sampah, dan limbah. Semuanya masih asri dan nyaman. Hamparan padang hijaunya menyejukkan mata. Jika anda ke sumbawa, cobalah ke pulau Kenawa maka anda akan menemukan padang savana dengan pemandangan laksana di negeri dongeng, anda dapat piknik ditempat ini atau dapat menjadikan padang savana sebagai spot untuk photo pre wedding. Bagaimana, tertarik bukan?
Istana Dalam Loka
Image result
Istana Dalama Loka
         Selain mengeksplorasi keindahan alamnya, tentu wisatawan juga ingin menambah wawasan tentang sejarah di sumbawa. Jika anda adalah pecinta sejarah, maka istana Dalam Loka wajib anda kunjungi. Istana ini dibangun sekitar tahun 1885 oleh sultan Jalaludin II. Bisa dibayangkan istana setua itu masih berdiri tegap ditengah-tengah pulau Sumbawa. Banyak hal yang bisa anda lakukan disini. Belajar sejarah kesultanan. Selain menambah wawasan juga menambah pengalaman berwisata ke museum.

Akses transportasi

Image result


Jam keberangkatan berbagai Bus ke Sumbawa

Akses menuju sumbawa dapat dilakukan dari Lombok kemudian menuju pelabuhan dengan angkutan umum. Dari pelabuhan Kayangan, anda harus menyebrang dengan Ferry ke pelabuhan Pototano. Inilah, salah satu kelemahan pariwisata sumbawa. Akses jalan yang masih minim dan jauh dari yang diharapkan padahal potensi alamnya sangat menjanjikan. Jika akses jalan segera dibangun, bukan tak mungkin sumbawa akan menjadi destinasi pariwisata dunia yang maju.
Selain akses transportasi, tentu akomodasi seperti perhotelan, restaurant juga penginapan masih sedikit. Sehingga para wisatawan tidak bisa berlama-lama menetap disini. Pulau ini jauh dari kata ramai karna pulau-pulau masih tidak berpenghuni dan tidak ada listrik. Tapi jangan khawatir,  sensasi liburan sangat menyenangkan disini. Bagi wisatawan yang ingin menyendiri, banyak pulau eksotis di sumbawa yang menawarkarkan keindahan alamnya. Jadi ketika liburan, anda merasa liburan di pulau pribadi.

Wisata kuliner Sumbawa
Setiap daerah pasti memiliki makanan khas, tak terkecuali sumbawa. Nah, jika sudah ke sumbawa, wisata kuliner juga wajib dilaksanakan. Mencoba makanan khas sumbawa yang terbilang unik namun tetap enak di lidah.
Berikut daftar makanan yang wajib anda coba ketika di sumbawa
·         Sepat
Image result
Hidangan Sepat
Mungkin namanya kedengaran aneh, tetapi jangan salah sangka dulu kalo belum mencobanya. Sepat ini memiliki rasa nikmat sekali kuah sepat yang asam-asam tapi segar. Masakan ini berbahan ikan segar yang dibakar terlebih dahulu di campur kepiting kemudian dihidangkan. Kuah yang kaya akan  bumbu rempah menambah rasa nikmat.
·        
            Ayam bakar Taliwang

Image result
Sumber
Selesai dengan hidangan yang berkuah, ayam bakar Taliwang bisa jadi menu selanjutnya. Ayam dibakar sampai matang kemudian bumbunya yang bikin ayam ini berbeda dari ayam bakar biasanya. Bumbu ayam dibuat perpaduan asam dan pedas sehingga meninggalkan kesan sensasi yang tak terlupakan.
·         Ikan bakar sirasang
Image result
Sumber

Sumbawa memang menyimpan banyak kekayaan alam. Ikan yang melimpah membuah banyak kuliner khas berbahan ikan di tempat ini. nah, salah satunya adalah ikan bakar Sirasang. Masakan ini berbahan ikan segar yang dibakar kemudian disajikan dengan bumbu yang rempah yang kental. Ikan bakar Sirasang cocok dipadukan dengan nasi dijamin menikmati ikan bakar ini dengan sensasi super pedas.

Siap berwisata kuliner, jangan lupa untuk belajar tentang adat sumbawa. Selain menambah wawasan juga menambah pengalaman. Nah, setiap suku di Indonesia memang unik. Unik karna keberagaman dan perbedaan. Salah satunya adalah suku sumbawa.

Mengenal adat sumbawa
Image result
Sarung tenunan Sumbawa
Selain mengeksplorasi keindahan pulau Sumbawa, anda juga dapat belajar tentang adat-istiadat sumbawa. Suku sumbawa didiami oleh 2 suku besar yaitu, samawa dan Mbojo.  Samawa masih banyak yang menganut aliran Animisme tapi saat ini masyarakat Sumbawa sudah memiliki agama. Mata pencaharian masyarakat sekitar adalah bercocok tanam, berladang, juga berburu dan bertenun. Masyarakat memanfaatkan daun lontar untuk membuat anyaman. Selain anyaman, masyarakat juga menenun kain yang dijadikan sarung dan baju adat. 
Sumbawa juga memiliki rumah adat yang khas. Rumah sederhana yang atapnya terbuat dari dedaunan menjadi salah satu ciri khas rumah adatnya. Pokoknya sangat ramah lingkungan.

Image result
Visit Sumbawa
Jika anda Traveling ke pulau sumbawa, jangan lupa untuk membeli souvenir sebagai kenang-kenangan dari sumbawa. Anda dapat membeli  cendramata khas Sumbawa, seperti kain dan sarung tenun Sumbawa yang kaya akan motif indah. Bagi anda yang belum traveling ke Sumbawa, ayo tunggu apalagi. Saksikan sendiri keindahan Sumbawa.

***



No comments:

Post a Comment